SMAN 1 WAY JEPARA

  • Beranda
  • Pelayanan
  • Koleksi
  • Berita
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Ilmu Sosial Dasar:Teori Dan Konsep Ilmu Sosial

Text

Ilmu Sosial Dasar:Teori Dan Konsep Ilmu Sosial

Munandar Soelaeman - Nama Orang;

Ilmu Sosial Dasar Teori dan Konsep Ilmu Sosial (Klasik, Modern, dan Postmodern) merupakan suatu penyediaan alat analisis dan pemandu untuk mengkaji fenomena sosial, sehingga mampu memprediksi dan mendeskripsikan gejala sosial dalam kerangka hukum hubungan antar gejala sampai tahap kausalitas. Ilmu sosial dasar dan konsep ilmu sosial saling melengkapi, di mana ISD fokus sebagai konsep dasar ilmu sosial (dalam konteks) yang digunakan untuk menyelesaikan atau menjawab problem sosial secara objektif. Hal ini penting karena sistem nilai dan norma dalam masyarakat selalu mengalami reduksi menjadi anomali yang mengganggu keteraturan sosial (social order), maka ISD sebagai konsep dasar ilmu sosial dalam konteks menjadi instrumen untuk menyelesaikan problem sosial.

ISD bukan merupakan disiplin ilmu tersendiri karena tidak mempunyai objek dan metode ilmiah tersendiri, serta tidak mengembangkan suatu penelitian sebagaimana disiplin ilmu seperti ilmu-ilmu sosial tersebut. ISD merupakan suatu bahan studi yang khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan/pengajaran di Indonesia yang diberikan di perguruan tinggi. Tegasnya, ISD adalah mata kuliah yang diberikan untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep yang dikembangkan untuk mengkaji fakta sosial dan tindakan sosial agar mahasiswa tanggap dengan lingkungan sosialnya.

Sedangkan, ilmu sosial merupakan perangkat deduktif, mulai dari pemikiran paradigma ilmu sosial klasik, modern, sampai postmodern, yang memadai untuk menafsir realitas sosial mulai dari karakteristik tradisional feodalistik sampai karakteristik masyarakat teknologi digital yang penuh manipulasi dengan simulasi sosial. Materi ISD dan teori sosial menjadi relevan untuk pembekalan akademik Strata 1 (ISD) dan sekolah pascasarjana (ilmu sosial klasik, modern, dan postmodern) sebagai "two in one”.


Ketersediaan
ILDA25001IS300 MUN iPerpustakaanTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
300 MUN i
Penerbit
Jakarta : Refika., 2001
Deskripsi Fisik
IX+192 Hlm.: Ilus.; 21 Cm.
Bahasa
INDONESIAN
ISBN/ISSN
978-96055-7-1
Klasifikasi
300
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Sosial
Ilmu Sosial
Humaniora
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Munandar Soelaeman
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

SMAN 1 WAY JEPARA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menjadi perpustakaan sekolah berbasis ICT (Information and Communication Technology) terdepan SMA Negeri 1 Way Jepara di Kabupaten Lampung Timur serta pusat IPTEK dan sumber belajar warga sekolah guna mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik